BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Minggu, 18 Oktober 2009

Buah Roh

BUAH ROH

* Galatia 5:22-25

5:22 LAI TB, Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,


5:23 LAI TB, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.


5:24 LAI TB, Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.

5:25 LAI TB, Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,


Rasul Paulus merincikan buah Roh (bukan perbuatan). Roh bukan daging, daftar yang dirincikan dalam 2 ayat ini semuanya menarik, dan menariknya lagi kata "buah" ditulis dalam bentuk "tunggal" artinya daftar kebajikan yang dirincikannya itu merupakan kesatuan dan kepaduan dari hidup didalam Roh.

Bentuk tunggal dari kata buah itu, mungkin juga ditujukan kepada oknum Yesus Kristus, dimana didalam Pribadi inilah tampak secara sempurna rincian buah Roh itu.

Karena kata "buah" disini berbentuk tunggal, boleh kita istilahkan bahwa "Buah Roh" itu adalah "satu buah dengan 9 rasa" (kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri), ke-9 nya secara simultan (bersama-sama) tampak dan terbukti.

Maka kita tidak perlu memberikan suatu strata dari setiap kebajikan yang dirincikan itu, misalnya menempatkan kasih lebih diatas sukacita, damai-sejahtera dan seterusnya. Kata buah yang tunggal itu menghasilkan suatu sifat yang jamak sang saling berkait satu sama lain dalam kesatuan.

Penggunaan kata buah disini juga menekankan suatu hasil dari kehidupan dalam Roh yaitu kebajikan yang tampak dalam kehidupan orang-orang yang percaya dan menteladani sikap Yesus Kristus.

0 komentar: